Cup Cake Mokaf Glutenfree

Lomba masak olahan singkong tuh biasa dilakukan di perdesaan. Setelah singkong bisa diolah menjadi tepung MOKAF (Modified Cassava Flour), lebih terbuka lagi kesempatan untuk mengolah singkong menjadi panganan yg beraneka - ragam. Cup cake misalnya.

Masih belum akrab dengan tepung mokaf? Tepung yg dibuat dari singkong yg difermentasi sehingga rasa bauk khas singkong berkurang. Tepung mokaf sudah mampu diproduksi petani lokal dengan pendampingan dari teman-teman di FFN (Food for Nation) - sekelompok anak muda yg punya atensi besar atas keberadaan panganan lokal sehat. Najib dan Uti adalah salah-satu yg aktif di FFN. Keren khaaaaannnnn. Bukan cuma teori doang tuh melaksanakan ketahanan pangan wakakkkk...

Resep diambil dari IG Uti https://www.instagram.com/utiilatifah/. Mau pesan langsung cup cake GF ke Uti boleh juga. Nyari tepung mokaf bisa juga. Kontak Najib 0811.2640.242.

Cup Cake Mokaf

Ini fotonya maksa banget. Nggakpapa daripada nggak kefoto karena habis dikudap 😂 jadi ceritanya bikin ini karena nanti ada acara di kampung lomba bikin olahan dari singkong dan atau ubi jalar. Ya udah bikin ini aja biar singkong nggak melulu diolah jadi ongol-ongol, gethuk, dll. Ini juga dari singkong kok, cuma dibikin mocaf dulu hahaha. .

Cup cake mocaf .
Bahan:
200 gr mocaf
50 gr maizena
2 butir telur, kocok lepas
100 gr margarin dilelehkan
50 gr minyak sayur
25 gr cokelat bubuk (saya pake merk Tulip, kalo merk lain mungkin butuh lebih)
100 gr dcc cacah (saya pakai merk Colatta)
150 gr gula pasir (kalo kurang manis bisa ditambah)
250 ml susu sapi segar (saya langsung dari koperasi)
1 sdt teh baking powder
1/2 sdt garam Chocochips untuk taburan .

Cara pembuatan:
1. Campur bahan bubuk mocaf, maizena, cokelat bubuk, baking powder), ayak, sisihkan. Tambahkan gula pasir dan garam.
2. Campur bahan cair (telur, minyak sayur, susu, margarin leleh), aduk hingga rata.
3. Masukkan bahan cair ke dalam bahan bubuk. Aduk rata.
4. Masukkan ke dalam cetakan. Taburi chocochips, oven hingga matang. .

#menumuktiadinlatifah #glutenfreerecipes #glutenfree #cupcake #muffin #bebasgluten #camilan #foody #healthylife #healthyfood #jogjafood #foodies #kulinersehat #vegan #dietsehat #diet #foodgramyk #foodporn #foodgram

Comments

Popular Posts